Keuntungan Menggunakan Plastik Vacuum

Keuntungan Menggunakan Plastik Vacuum

Keuntungan Menggunakan Plastik Vacuum – Pengemasan dengan vacuum memperpanjang daya tahan makanan untuk disimpan lagi. Lamanya hingga tiga sampai lima kali bahkan lebih lama daripada menggunakan penyimpanan lemari es tanpa di vacuum. Perlu diingat bahwa untuk masa penyimpanan dengan plastik vacuum memiliki masa tahan yang berbeda untuk setiap jenis makanan. Maka dari itu, seringlah mencari informasi mengenai berapa lama makanan dapat disimpan menggunakan plastik vacuum bertahan.  Jumlah makanan yang lebih besar dapat dibeli dan disimpan lebih lama. Karena pembelian dengan jumlah besar umumnya harga lebih murah. Penghilangan oksigen dalam makanan beku juga berfungsi untuk menghilangkan pemanasan pada lemari es yang diakibatkan oleh proses pembekuan. Pengemasan vacuum juga mengurangi pembuangan makanan yang disebabkan oleh pembusukan karena bakteri. Tak hanya makanan segar,  manfaat dari makanan yang tahan lama ketika dikemas dengan teknik vacuum. Makanan kering juga dapat bertahan lebih lama dengan metode ini.

Bakteri Oksigen Rendah Pada Plastik Vacuum

Keuntungan Menggunakan Plastik Vacuum

Perlu dicatat bahwa proses pengemasan dengan vacuum tidak menghilangkan seluruh bakteri. Terdapat beberapa jenis bakteri yang justru hidup di dalam lingkungan yang beroksigen rendah. Bakteri tersebut berkembang biak dan hidup secara aman dalam wadah pengemas vacuum. Hal tersebut dikarenakan bakteri yang membuat makanan menjadi busuk saat proses pengemasan vacuum. Maka perubahan pembusukan yang terjadi secara alami ( baik itu, aroma, rasa, warna serta tekstur) mungkin tidak akan ada. Hal ini akan menciptakan bahaya yang mengintai, dimana ada kemungkinan terjadi kematian setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Hal ini disebabkan karena keracunan akibat bakteri botulism. Bakteri botulism merupakan bakteri yang mampu hidup dan berkembang dalam suhu ruangan, rendah, asam, serta lingkungan yang rendah oksigen. Pengemasan makanan dengan cara vacuum dan menghilangkan oksigen justru akan meningkatkan pertumbuhan bakteri botulism di dalam makanan. Karena hal inilah mengapa makanan cepat membusuk, contohnya seperti daging segar, buah dan sayuran haruslah dibekukan terlebih dahulu sebelum dikemas dengan vacuum.

 

Baca Juga : Plastik Vacuum atau Kemasan Hampa Udara

Keuntungan Menggunakan Plastik Vacuum – Ketika menyimpan makanan dalam plastik vacuum, merupakan hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar saat menyimpan makanan dilakukan dengan baik. Makanan yang mudah membusuk tetap harus disimpan dalam lemari pendingin atau pembeku. Tak seharusnya disimpan dalam suhu ruangan. Selain itu, sangat penting juga untuk tidak membuka dan mencairkan daging dari pengemas vacuum lalu dikemas lagi. Karena selain kualitas makanan atau daging yang telah dicairkan akan terkontaminasi dengan udara dan bakteri lain. Hal ini dikhawatirkan efektivitas makanan yang dibekukan kembali menurun dan berbahaya bagi kesehatan. Akan lebih baik jika hendak menggunakan daging dalam beberapa pemakaian, sebaiknya simpanlah daging dalam beberapa bagian pengemas vacuum.

Informasi lebih lanjut seputar pembelian plastik vacuum atau kedap udara dapat menghubungi nomor 0815.981.1818 atau 0812.1986.8387. Bisa juga dengan mengunjungi website frespack pada situs plastikvacuum.com.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *